******************************************

Recent Post

Jumat, 09 Januari 2009

YAMAHA V-IXION 2007 (PONTIANAK)





Kondom Tanda Macho

Saat melihat modifikasi Yamaha V-ixion di edisi 490 lalu yang begitu macho, membuat Hendrik jadi naksir. Langsung deh doi ngontak MOTOR Plus buat tanya alamat sang modifikator. Kebetulan mereka berasal dari kota yang sama, Pontianak. “Saya naksir dengan bentuk tangkinya yang besar,” katanya waktu itu.
Setelah mendapat alamat YZ Custom yang ditunjuk Em-Plus, langsung saja Yamaha V-ixion milik Hendrik diserahkan untuk dirombak. “Mintanya cuma ingin motor yang lebih berotot, konsep sepenuhnya dipercayakan pada kami,” kata Ferdi Yusmin sang modifikator. Tapi, sang pemilik tetap tidak ingin ubahan yang begitu ekstrem.
“Karena itulah saya hanya menerapkan sistem kondom saja, supaya tampuilan berubah tapi tidak terlalu drastis,” cerita Iyus, panggilan Ferdi. Seluruh kondom yang dipakai berbahan dasar fiberglass tanpa rasa, beda dengan kondom yang lain lho.
Proses pengondoman ini enggak hanya sekadar pelapisan ulang saja. Sengaja dibuat memiliki lekukan atau berundak supaya kesannya berotot. “Kalau sekadar besar tanpa otot kan malah kurang seru,” kata modifikator bertubuh kurus ini. Tapi dengan trik ini juga akan menipu, tampilan besar tapi kapasitas tangki masih seperti standarnya saja.
Proses penambahan ‘daging’ ini juga terjadi sampai buntut. “Itu supaya buritan jadi lebih tinggi juga menyesuaikan dengan ubahan yang terjadi di bagian depan,” lanjut Iyus. Memang keharmonisan kedua bagian ini perlu dijaga, jangan sampai jomplang.
Meskipun banyak menggunakan fiber, tapi Iyus berani jamin kalau bobot motor enggak banyak berubah. “Itu karena menggunakan dempul yang tipis saja, kalau ketebalan nanti malah yang punya motor komplain karena berat,” cuap pria yang doyan omong dari Kota Baru, Pontianak.
Pembengkakan di bodi sedikit diikuti di bagian kaki-kaki. Tapi hanya sekadar ganti pelek, swing-arm dan ban dengan buatan lokal. “Sengaja pesan arm dan pelek dari Jakarta karena di sini susah dapatnya,” tutup Hendrik.
LAMPU SENTER
Hendrik melakukan sedikit custom di bagian bawah head lamp. Ini lampu senja atau lampu kecil tambahan. Ternyata ini menggunakan material yang unik lho. “Saya pakai copotan lampu senter, awalnya pakai lampu variasi eh malah nggak nyala. Sekarang lebih sip,” cuapnya bangga dengan ide murah meriahnya ini.
SAYANG ANAK
Jurus Hendrik untuk membuktikan perasaannya menjadi ayah baru juga dilakukan di V-ixion ini. Nama sang putri yang baru 4 bulan dengan bangga ditorehkan di bagian shroud atau sayap di samping tangki. Terlihat jelas tulisan Calligenia di kedua sisinya. Itulah nama sang putri tercinta.

DATA MODIFIKASI
Pelek : Power
Ban depan : Swallow 100/70-17
Ban belakang : Swallow 140/70-17
Upside down : Variasi Thailand
Swing-arm : Kumis
Head lamp : Yamaha Jupiter MX 135LC
(Sumber : Motorplus Online)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ariefortuna Zone

Random Post

Ariefortuna Zone Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template